Home » Android 14 Ternyata akan Hadirkan Fitur Drag-and-Drop!

Android 14 Ternyata akan Hadirkan Fitur Drag-and-Drop!

by anaknongkrong
Android 14

Google saat ini memang tengah mengembangkan dan menguji coba Android 14 mereka yang mana memang belum mendapatkan Major Update, karena pengembangannya masih dalam versi Beta. Namun, bocoran terbaru menunjukkan bahwa Android 14 akan menghadirkan fitur Drag-and-Drop secara default.

Google tengah menguji coba fitur baru yang mereka kembangkan, di mana fitur ini hadir melalui Android 14 dengan memberikan dukungan Drag-and-Drop yang memungkinkan penggunanya untuk dapat memindahkan beberapa gambar atau berkas ke dalam aplikasi lainnya.

Fitur ini mirip sekali dengan yang ada di versi PC, di mana pengguna hanya perlu menahan berkas dan menyeretnya ke aplikasi lainnya, secara otomatis akan disalin. Namun di versi Android 14, penggunaannya memang sedikit terbatas. Akses ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi yang saat ini memang sedang dibuka.

“Starting with the latest Android 14 beta drag-and-drop now supports the ability to move content between apps throughout the entire system. In Android 13 and prior versions where drag-and-drop is supported, users are limited to only moving content between apps that are actively opening, which really limits the usefulness of the feature.”

Drag-and-Drop di Android 14 bukan hanya mampu menyain gambar, melainkan juga bisa digunakan untuk menyalin teks yang telah disalin. Anda hanya perlu membuka aplikasi lainnya dan kemudian Paste yang telah disalin, berikut penampakannya:

Sebelumnya akses dari fitur ini memang terbatas, namun agaknya Google kembali bekerja dengan mengembangkan lebih banyak dukungan untuk fitur ini. Sehingga nantinya pengguna tidak hanya bisa menyalin ke aplikasi yang sedang dibuka, melainkan aplikasi lainnya yang sedang tidak diakses pada saat yang sama.

“This functionality is live now in Android 14 Beta 2 and should end up available to all when the new version drops later this year. Notably, iOS already supported this functionality, so it’s a bit overdue for Android to do the same.”

Karena fitur ini baru bisa digunakan melalui Android 14 Beta 2, maka dipastikan baru bisa diakses oleh pengguna Pixel Phone Series. Android 14 Beta 1 juga telah dirilis di beberapa seri ponsel seperti Oppo Find N2 Flip dan Motorola serta OnePlus.

Leave a Comment