Home » HOT! Google Hapus Semua Akun, Jika tidak Login 2 Tahun

HOT! Google Hapus Semua Akun, Jika tidak Login 2 Tahun

by anaknongkrong
Google

Balik di tahun 2020 kemarin, Google sempat merilis kebijakan baru mereka untuk menghapus akun tertentu seperti akun konten yang mana tidak aktif dalam beberapa tahun untuk menghemat penyimpanan server. Kini, Google akan memberlakukan hal yang sama untuk pengguna akun pribadi.

Google hari ini kembali memberikan informasi menarik atas kebijakan baru mereka, kebijakan yang telah mereka rilis sejak 2020 kemarin kini kembali diekspansi ke pengguna akun Google pribadi atau Personal Account. Google akan menghapus semua yang berkaitan dengan akun tersebut seperti konten, Google Photos, hingga Google Workspace.

“Google will delete that personal account and its contents. In addition to the email address becoming inaccessible, Gmail messages, Calendar events, Drive, Docs, and other Workspace files, as well as Google Photos backups, will be removed.”

Sebagai pengecualian, Google sendiri tidak akan menghapus konten dari akun YouTube pengguna karena berkaitan dengan riwayat konten di YouTube itu sendiri yang mana masih dijaga oleh perusahaan. Tentunya sebelum menghapus akun maka Google akan memberikan sebuah konfirmasi terlebih dahulu, mencoba untuk menghubungi pengguna bahwa akun tersebut akan dihapus dengan segera.

“Before deleting an account, we will send multiple notifications over the months leading up to deletion, to both the account email address and the recovery email (if one has been provided).”

Google akan segera memberlakukan penghapusan akun ini mulai awal Desember 2023 nanti, akun yang tidak aktif sejak tahun 2021 nantinya akan segera dihapus dengan segera. Tetapi, untuk dapat mengetahui akun yang masih aktif maka Google akan melacak aktifitas pengguna yang menandakan bahwa akun tersebut aktif, beberapa aktifikan yang mereka lacak ialah sebagai berikut:

  1. Reading or sending an email (like viewing an inactivity alert)
  2. Using Google Drive
  3. Watching a YouTube video
  4. Downloading an app on the Google Play Store
  5. Using Google Search
  6. Using Sign in with Google to sign in to a third-party app or service

Sementara itu, Google menekankan bahwa penghapusan akun ini juga akan memberikan manfaat untuk perusahaan dalam menghemat lebih banyak ruang di server mereka. Jadi, Google juga turut untuk membantu kegiatan ramah lingkungan dengan mengurangi konsumsi server.

Leave a Comment