Home » Mengenal SEO

Mengenal SEO

by anaknongkrong
SEO

Mengenal SEO – Apa sih SEO itu ? Pertanyaan itu diajukan oleh salah satu rekan dimana dia bercerita bahwa pimpinannya menginstruksikan untuk melakukan SEO supaya website perusahaannya mendapatkan ranking tertinggi di mesin pencari/search engine dan bisa jadi salah satu media promosi di dunia maya.

Secara sederhana, manfaat dari penerapan SEO di website atau blog memang supaya lebih mudah mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google. Tapi jangan salah, itu baru sebagian konsep SEO. Nah, di artikel kali ini saya coba bahas tentang apa itu SEO, pengertian dari SEO, cara kerjanya seperti apa, indikator-indikator utama SEO sampai kenapa SEO penting buat websitemu supaya kamu lebih mengenal SEO.

Pengertian SEO

Mengenal SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik (tidak berbayar) di websitemu pun meningkat.

Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu kamu mendapatkan traffik yang tepat. Jadi kamu engga cuma fokus ke trafik yang tinggi saja, tapi juga trafik yang sesuai dengan tujuan utama website kamu.

Supaya bisa mendapatkan trafik-trafik yang tepat, tentunya kamu juga harus memperhatikan aturan-aturan yang sudah diberikan oleh search engine dalam hal ini dari pihak Google. Kamu perlu memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma dari Google, dan indikatornya. Sebuah hal yang kompleks tapi kalau kamu bisa menerapkannya, maka website kamu akan ramai dengan pengunjung.

Cara kerja SEO

Sebuah search engine atau mesin pencari biasanya memiliki algoritma-algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Semua ini berlaku untuk mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lainnya.

Tapi saat ini sih saya ga akan bahas algoritma setiap mesin pencari, karena pasti akan panjang lebar. Saya hanya akan bahas untuk Google saja karena hampir 90% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dikuasai oleh Google. Jadi pada saat semuanya membahas tentang SEO, pasti yang jadi patokan adalah algoritma dari Google.

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, efektif dan solutif untuk para penggunanya. Tim khusus yang bertanggung jawab dalam algoritma google ini bekerja sangat keras guna meningkatkan kualitas user experience (pengalaman dan kepuasan pengguna internet) ketika menggunakan google.

Terkadang Google menyebut algoritmanya dengan nama khusus. Contohnya, Panda adalah algoritma yang berkaitan dengan kegiatan penyaringan, pemberian pinalti, dan penghargaan konten. Kemudian ada Penguin yang merupakan algoritma untuk mencegah spamindexing. Ada juga Hummingbird yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma tadi.

Nah, dari situ sudah jelas sekali kalau sebuah konten website merupakan point yang sangat penting bagi google dan apabila kontent kamu berkualitas, maka google akan menghargai konten kamu tersebut dengan programnya bernama Google Adsense.

8 Indikator Utama SEO

Indikator utama SEO selalu berubah secara berkala. Perubahan indikator ini bergantung pada algoritma Google. Jika Google memperbarui algoritmanya, maka secara otomatis indikator SEO pun akan berubah. 

1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan mempermudah mesin pencari untuk mengenali website kamu dan topik yang sedang dibahas. Jadi kalau kamu ingin website kamu dikenali dengan mudah, maka bikinlah struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain kamu dan judul artikelnya. contoh struktur yang ideal seperti ini :

https://www.namadomainkamu.com/judulartikel
2. Penggunaan SSL/TLS

Dari tahun 2014, google mulai mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS. Sebab website-website yang menggunakan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut. Jadi keamanan data pengguna lebih terjamin.

Selain itu, Google Chrome pun mulai menandai website tanpa SSL/TLS sebagai not secure. Jadi dika website kamu sekarang belum menggunakan SSL/TLS, maka sekarang waktunya kamu mengaktifkannya.

Saya akan membahas mengenai apa itu SSL di lain artikel supaya kamu bisa lebih mengerti mengenai hal tersebut.

3. Topik Konten

Kamu harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah menentukan beberapa topik utama, maka kamu perlu membuat konten mengenai topik tersebut.

Semakin banyak konten yang membahas topik yang saling berkaitan, maka akan semakin besar kemungkinan website kamu muncul di halaman pertama hasil pencrian topik tersebut. Kenapa begitu, itu karena konten yang topiknya saling berkaitan sudah pasti lebih mudah dikenali mesin pencari.

4. Search Intent

Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu

5. Struktur Konten

Selain menyesuaikan konten dengan search intent, kamu juga harus membuat konten yang mudah dipahami. Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di kontenmu dengan struktur yang jelas dan rapi.

Cara mudahnya yaitu dengan menggunakan heading dan subheading untuk poin paling penting dalam konten. Kamu juga menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik atau bahkan video untuk membantu pembaca memahami konten kamu.

6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tags maupun meta description. Fungsinya adalah membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Pertama, title tag adalah judul artikel kamu yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak bisa terlalu panjang karena Google akan memotongnya sesuai standar yang berlaku.

Kedua, Meta description adalah teks yang merangkum konten kamu di hasil pencarian.Teks ini terletak tepat dibawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya dibatasi antara 120-130 karakter.

7. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama SEO. Semakin banyaknya backlink ke website kamu, maka Google akan menganggap website kamu memiliki kredibilitas tinggi. Tapi ingat, backlink itu juga harus dari website atau blog yang berkualitas juga, bukan dari website/blog yang kurang bermutu.

8. Kecepatan Website

kecepatan loading website juga memegang peranan penting dalam SEO kamu. Sejak 2018, Google menetapkan kecepatan loading website (di desktop dan perangkat mobile) sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat loading website, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google.

Jenis-jenis SEO

Jenis SEO

Ada 2 jenis SEO yang sekarang digunakan, yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya sama-sama penting dan saling berkaitan. Jadi kamu harus menerapkan keduanya untuk praktik SEO di website anda makin maksimal.

1. SEO On Page

Apa itu SEO on page ? Seo on page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan dalam website kamu. Beberapa langkah optimasi SEO on page adalah : permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, template website yang responsif hingga internal linking.

Saya akan menjelaskan nanti di artikel selanjutnya bagaimana Cara Optimasi SEO On Page.

2. SEO Off Page

Berbeda dari SEO On Page, SEO Off Page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan diluar website kamu. Jadi optimasi konten dan website kamu saja belum cukup. Banyak faktor diluar website yang bisa mempengaruhi kualitas SEO kamu.

Salah satu diluar website yang bisa mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator bahwa konten kamu menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten kamu, semakin baik. Google akan menilai kredibilitas website kamu dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.

Selain backlink, masih ada beberapa faktor penting lain untuk SEO Off Page. Saya akan jelaskan di artikel selanjutnya juga mengenai Cara Optimasi SEO Off Page.

Kenapa SEO Penting Untuk Website ?

SEO bukan lagi sebuah pilihan, melainkan kewajiban untuk sebuah website. Kenapa langkah optimasi ini penting ? dan apa manfaatnya untuk website kamu ?

1. Mesin Pencari/Search Engine adalah Sumber Informasi

Kini orang-orang bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu klik saja, yaitu dengan mesin pencari. Di Indonesia sendiri, 75% pengguna internet sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai macam informasi.

2. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama

Muncul di hasil pencarian Google saja tidak cukup. Jika konten kamu hanya muncul di halaman kedua, ketiga atau selanjutnya maka kemungkinan mendapatkan trafik lebih kecil. Konten kamu setidaknya harus muncul di halaman pertama.

3. Website kamu Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci

Dengan menerapkan langkah optimasi SEO, website kamu bakal lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama kamu.

4. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat

Sebanyak 88% konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Dengan keadaan seperti ini menuntun pemilik bisnis untuk bisa memiliki brand awareness yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness di era digital sekarang ini adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.

Semakin mudah website kamu ditemukan di hasil pencarian Google, semakin banyak orang yang mengetahui website kamu dan secara otomatis orang-orang akan semakin familiar dengan bisnis kamu dan brand awareness online kamu meningkat.

Demikian sedikit cerita dari saya mengenai SEO, jadi Sudah Siapkah kamu menerapkan Optimasi SEO ?

You may also like

Leave a Comment

We use cookies to personalize the website for you and to analyze the use of our website. You consent to this by clicking on "I consent" or by continuing your use of this website. Further information about cookies can be found in our Privacy Policy. I consent

Privacy & Cookies Policy