Home ┬╗ Microsoft akan Matikan Layanan Support Diagnostic Tool?

Microsoft akan Matikan Layanan Support Diagnostic Tool?

by anaknongkrong
Microsoft

Beberapa waktu yang lalu kami sempat memberikan informasi bahwa Microsoft akhirnya telah resmi merilis pembaruan terbaru mereka untuk pengguna Insider Dev, yang mana menjadi pembaruan kedua mereka. Tak berangsur lama, ternyata Microsoft juga telah memiliki rencana lain yang kemungkinan akan mereka terapkan di masa yang akan datang.

Tahun 2023 ini bisa dikatakan sebagai salah satu tahun untuk Microsoft dalam mengembangkan Windows 11 mereka, di mana seperti rumor yang banyak beredar yang mengatakan bahwa Microsoft sedang dalam tahap persiapan untuk pengembangan Windows 12.

Pengembangan ini rasanya memang sah-sah saja, karena Microsoft memang memberikan jangka waktu beberapa tahun untuk setiap sistem operasi yang mereka kembangkan, dan Windows 11 rasanya sudah akan memasuki usia tersebut. Nantinya Windows 11 akan bernasib selayaknya Windows 10 di masa ini.

Microsoft ternyata juga memiliki rencana lain untuk layanan mereka, di mana kabarnya perusahaan akan menonaktifkan Microsoft Support Diagnostic Tool yang akan dihentikan pada tahun 2025 nanti.

Kabar mengenai hal ini sebenarnya pertama kali diberikan oleh salah satu pengguna Twitter, yang mana memberikan informasi bahwa pengguna Build 25276 telah memberikan sebuah banner untuk layanan tersebut, berikut gambarnya:

Mengenai MSDT ini sebenarnya Microsoft telah memberikan pengembangan yang unggul untuk kemudahan akses diagnostic pengguna. Namun selama beberapa tahun ini ternyata ada banyak pengguna Windows yang menggunakan fiturnya dengan tdiak bertanggung jawab.

Microsoft mendapatkan banyak sekali laporan dan tindakan asing yang memungkinkan pengguna bisa mengeksekusi dari jarak jauh atau RCE. Tahun 2022 kemarin, Microsoft bahkan menemukan ada dua jenis kerentanan yang menyerang melalui MSDT ini.

Lantas, apa tak ada cara lain? sayangnya memang tak ada, Microsoft telah memutuskan bahwa mereka akan menghentikan layanan ini karena tentu akan membahayakan sistem keamanan yang telah mereka kembangkan selama ini. Pengembangan sistem operasi Windows 12 tentunya akan semakin baik karena dengan menghapus MSDT maka tingkat keamanan bisa dioptimasi lebih baik.

Sementara itu, mengenai Windows 12 sendiri kabarnya Microsoft akan siap merilis perdana di tahun 2024 mendatang, itu artinya hanya butuh satu tahun lagi untuk perusahaan menampakan resmi sistem terbaru mereka.

Leave a Comment