Home » Renegade Project, Upaya Hadirkan Windows 10 dan 11 ke Esosistem Android

Renegade Project, Upaya Hadirkan Windows 10 dan 11 ke Esosistem Android

by anaknongkrong

KONGGRES.COM – Para modder telah bekerja tanpa henti untuk bisa membawa OS Windows ke ekosistem seluler, dan begitu pula Microsoft dengan upaya setengah hatinya.

Di pikiran para teknisi independen, satu-satunya kemungkinan yang bisa dilakukan adalah dengan meretas firmware kelas bawah, dan juga membuat perubahan pada pemasang inti dan menulis driver khusus di perangkat. 

Itu adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan ROM kustom dan cara lain untuk menggantikan Board Support Package (BSP) dengan antarmuka pengguna yang standar yang bekerja seperti antara OS dan platform terkait. 

Semua ini adalah proses yang sangat membosankan, membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam dan tentu saja, waktu yang banyak. Pada akhirnya patut dipertanyakan, apakah modifikasi semacam ini sepadan dengan semua usaha yang telah dicurahkan?

Tentu, aplikasi bootloader chipset smartphone modern mendukung Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), namun urutan booting tetap diatur oleh OEM. Oleh karena itu, kemungkinan untuk mem-boot sistem operasi yang kompatibel dengan ARM64 UEFI tidak mungkin dilakukan. 

Oleh karenanya, muncul Renegade Project yang dimulai dengan membangun antarmuka firmware dengan melakukan kompilasi gambar Tianocore EDK II di atas bootloader smartphone. Setelah itu, mengunduh build Windows 10/11 ARM64 dari UUP Dump hingga persiapan manual pemasangan yang sebelumnya menjadi masalah, bisa teratasi. 

Partisi hanya memodifikasi data pengguna, dan ketika paket WIM dari Windows Preinstallation Environment akan menyelipkan driver masing-masing. Dalam tahap ini, Windows mulai bisa diboot pada smartphone. 

Untuk saat ini, smartphone yang sudah bisa mendukung Renegade Project adalah termasuk Asus, Google, LG, Motorola, Nokia, OnePlus, Oppo, Samsung, Sony, Xiaomi dan Vivo. Dengan semakin banyaknya kontributor yang bergabung dalam proyek ini untuk menambahkan lebih banyak perangkat, daftar perangkat yang didukung nantinya akan semakin bertambah. 

Jumlah perangkat smartphone yang kompatibel dengan Windows 10 atau 11 akan bertambah seiring berjalannya waktu, dan inisiasi ini akan membawa pengalaman penggunaan Windows yang lebih lancar ke smartphone pengguna.

Membuat sebuah port Windows yang universal dengan menggunakan metode ini adalah sebuah tugas yang berat, namun anda tidak akan pernah tahu dengan upaya para pengembang Android dan para ahli teknologi yang suka mendorong hingga batas terakhir mereka. 

Leave a Comment