Home » Selamat Tinggal! YouTube Hapus Fitur Stories 26 juni Nanti

Selamat Tinggal! YouTube Hapus Fitur Stories 26 juni Nanti

by anaknongkrong
Youtube

YouTube kini telah banyak merilis fitur-fitur baru mereka yang mana semakin memudahkan pengguna untuk mengaksesnya, namun agaknya salah satu fitur yang disebut dengan “Stories” mulai diabaikan dan kemungkinan besar akan dihapus.

Platform atau perusahaan besar memang dituntut harus terus berinovasi dengan menghadirkan teknologi yang menyesuaikan zaman, tak terkecuali Google yang mana menaungi YouTube. Platform YouTube menjadi platform populer dan telah lama menduduki posisi tiga besar sejak awal perilisannya.

Sekarang, YouTube juga banjir dengan fitur-fitur keren yang tak hanya memudahkan pengguna untuk menonton melainkan juga para kreator konten dalam membuat konten dan membagikannya di berbagai macam jejaring media sosial.

Saat ini, dua fitur yang hampir mirip hadir di YouTube yaitu Shorts dan Stories yang mana memiliki fungsional untuk membagikan video dalam versi cuplikan atau durasi lebih pendek. Sayangnya, pengguna YouTube lebih tertarik dengan fitur Shorts ketimbang Stories.

Shorts mirip seperti video berdurasi pendek yang ada di platform TikTok, sedangkan Stories mirip seperti yang ada di Instagram dengan nama yang sama pula. Namun dari intensitas pengunjung, Shorts lebih banyak diakses ketimbang Stories.

Mengenai kedua fitur ini, YouTube akhirnya memberikan pengumuman terbaru mereka yang mana menuliskan bahwa fitur Stories akan dihapus mulai 26 Juni nanti. Perusahaan menjelaskan bahwa setelah lewat tanggal 26 Juni maka Stories akan bertahan setidaknya 7 hari ke depan. Setelahnya Stories akan dihapus total dan tidak ada cara untuk melihatnya kembali.

“Starting on 6/26/2023 the option to create a new YouTube Story will no longer be available. Stories that are already live on that date will expire 7 days after they were originally shared. While Stories are going away, we’ve seen that both Community posts and YouTube Shorts are great alternatives that can deliver valuable audience connections and conversations.” Tulis YouTube melalui laman Support Google.

Pihak YouTube juga menambahkan bahwa mereka menemukan fitur Shorts ialah alternatif dari Stories yang lebih banyak digunakan oleh pengguna dan kreator di YouTube. Shorts memiliki kelebihan untuk mempromosikan konten dan juga memberikan akses untuk menjangkau lebih banyak audiens.

“YouTube Shorts is the way to go if you want to create short video content or reach a new audience! Amongst creators who use both Shorts and Stories, Shorts on average drive many times more subscribers than Stories.” Jelas YouTube.

Leave a Comment