Home » Android 11 Masih Menjadi OS dengan Pengguna Terbanyak

Android 11 Masih Menjadi OS dengan Pengguna Terbanyak

by anaknongkrong
Android 11

Google barusan memberikan data terbaru mereka untuk pengguna sistem operasi Android sejauh Q2 di 2023 ini, di mana menurut data yang mereka kumpulkan menampilkan bahwa pengguna Android terbanyak didominasi oleh pengguna Android 11.

Android saat ini telah memasuki versi terbaru yaitu Android 13, peningkatan yang diberikan tentu ada sangat banyak seperti kelebihan dari pengembangan sistem keamanan yang mereka kembangkan, hingga fitur-fitur terbaru yang mereka hadirkan di Android 13.

Namun, yang terbaru belum tentu menang dalam jumlah total pengguna aktif. Google membuktikan bahwa saat ini masih banyak diantara pengguna Android yang bahkan masih menggunakan versi lawas Android, di mana selain Android 13 pengguna paling banyak ditempati oleh Android 11.

Google memberikan laporan bahwa pengguna Android 13 memang telah meningkat dengan pesat, di mana memiliki total 15% di seluruh dunia. Tetapi pengguna paling banyak masih didominasi oleh pengguna Android 11. Data ini diambil dari mereka pengguna Android yang terhubung dengan Play Store dan layanan Google lainnya.

Data Bulan April 2023
Data Bulan Juni 2023

Terhitung sejak April dan Juni, pengguna Android 13 memang meningkat dengan baik namun dominasi penggunanya masih dipegang oleh Android 11. Peningkatan pengguna Android 13 juga cukup baik, di mana meningkatkan dari 12,1% di April ke 14,7% di Juni 2023.

Sedangkan untuk pengguna Android 11 sendiri masih memegang kendali yang besar dengan 23,1% total pengguna aktif dari seluruh dunia. Ini menjadikannya sebagai pengguna Android terbanyak, meskipun memang sistem ini telah lama dihentikan pembaruannya.

“More specifically, you can find the percentage of devices that are running a particular Android version or newer. This is useful for choosing the lowest version of Android that an app supports, though companies like Apple have used this same public data to contrast the rapid rollout of iOS updates to devices. In recent years, the chart has been updated far less frequently, closer to a quarterly basis.”

Leave a Comment