Home » Android 14 Developer Preview 2 Kini Resmi Diluncurkan

Android 14 Developer Preview 2 Kini Resmi Diluncurkan

by anaknongkrong
Android 14

Terhitung sejak akhir bulan Februari 2023 kemarin, Google telah resmi merilis Android 14 Developer Preview 1 yang mana mini di bulan Maret 2023 mereka kembali merilis secara resmi versi terbaru dengan Android 14 Developer Preview 2 yang mulai dirilis di beberapa negara.

Google kini terlihat mulai siap dalam pengembangan sistem operasi terbaru mereka, padahal tahun lalu mereka baru saja merilis pembaruan terbaru dari Android 13. Dalam beberapa bulan ke depan tentunya Google akan merilis secara resmi versi Stable dari Android 14 setelah melakukan beberapa masa percobaan.

Android 14 Developer Preview 2 memberikan beberapa peningkatan fitur yang menarik, di mana salah satunya ialah peningkatan keamanan, performa dan privasi. Google juga melalui Android 14 Developer Preview 2 memberikan peningkatan untuk UI/UX dari mereka yang menggunakan perangkat tablet dan Foldable Phone.

Sesuai jadwal yang mereka berikan, jika memang tepat waktunya maka perilisan dari Developer Preview sendiri akan dirilis untuk pertama kalinya dalam versi Beta pada bulan April mendatang, ini berjalan hingga bulan Mei 2023. Untuk selanjutnya ialah Platform Stability akan dirilis pada bulan Juni hingga Juli/Agustus. Kemudian Final Release akan diluncurkan pada bulan September/Oktober 2023.

Google Android 14 Timeline Schedule

Android 14 Developer Preview 2 dibangun dengan menggunakan dukungan privasi yang lebih baik, di mana nantinya akan memberikan dukungan untuk memberikan akses aplikasi untuk hanya memilih beberapa gambar dan video, atau memberikan akses ke semua media. Berikut Dialog yang Google berikan:

Di Android 14, akan ada versi terbaru dari Credential Manager yang menggunakan basis API dan memberikan akses aplikasi untuk masuk menggunakan kata sandi tanpa menggunakan Third-Party Apps.

“In Android 14, Credential Manager is a platform API, and this allows apps to sign-in using passkeys. In the second DP, there are improvements to the UI styling of the account selector, along with changes to the API based on feedback to DP1.”

DP2 datang dengan memberikan peningkatan untuk Memory System di Android, akan memberikan improvisasi dari penyimpanan dan RAM yang menjalankan aplikasi dilatar belakang. Juga memberikan dukungan improvisasi dari API yang ada di Google Play Store.

Leave a Comment