Home » Google Hentikan ‘Podcast’ di 2024, YouTube Music Ambil Alih

Google Hentikan ‘Podcast’ di 2024, YouTube Music Ambil Alih

by anaknongkrong
Google

Google beberapa bulan ini memang banyak membawakan perubahan dari layanan mereka, tak luput semua layanan hampir dirombak habis-habisan oleh Google. Salah satunya ialah layanan Google Podcast dan YouTube Music.

Kemarin, Podcast sempat dialihkan ke YouTube Music yang memungkinkan pengguna Podcast bisa mendengarkan Podcast langsung melalui akun YouTube Music. Bisa dikatakan ini membantu pengguna, karena mereka bisa berlangganan satu layanan dengan banyak kelebihan tentunya.

Pengguna yang berlangganan YouTube Music tak hanya bisa mendengarkan lagu-lagu yang ada di platform buatan Google ini, melainkan mendengarkan layanan Podcast dari berbagai macam Channel atau siaran audio. Lebih simple bukan?

Kembali lagi, Google baru saja memberikan pengumuman menarik untuk pengguna layanan Podcast dan YouTube Music. Menurut informasi yang mereka bagikan, layanan Podcast akan dihentikan pada tahun 2024 nanti.

Google mengatakan bahwa mereka akan memberikan peningkatan untuk layanan YouTube Music dengan mengalihkan Podcast ke YouTube Music secara permanen. Itu artinya layanan Podcast akan bergabung dengan YouTube Music sebagai satu platform.

Looking forward to 2024, we’ll be increasing our investment in the podcast experience on YouTube Music — making it a better overall destination for fans and podcasters alike with YouTube-only capabilities across community, discovery and audio/visual switching. Later in 2024, as part of this process, we’ll be discontinuing Google Podcasts.

As part of this process, we’ll be helping Google Podcasts users move over to Podcasts in YouTube Music. This matches what listeners and podcasters are already doing: according to Edison, about 23% of weekly podcast users in the US say YouTube is their most frequently used service, versus just 4% for Google Podcasts.

Google percaya diri dengan rencana mereka yang satu ini, bahkan perusahaan membagikan informasi bahwa pengguna YouTube Music yang mengakses Podcast di YouTube Music sendiri mencapai 24%, berbanding jauh dengan layanan Podcast itu sendiri yang diakses sebagai 4% saja.

Google is looking to create a centralized podcast destination on YouTube Music and the plan is already in motion in the US where users can listen and watch podcasts on YouTube Music without a paid membership.

Leave a Comment