Home » Google Konfirmasi Bug di OS Android, Akses Mic via WhatsApp

Google Konfirmasi Bug di OS Android, Akses Mic via WhatsApp

by anaknongkrong
Google

Google baru saja menerima sejumlah laporan dari pengguna Android, di mana laporan yang mereka terima merupakan sejumlah laporan isu yang dirangkum selama bulan Mei hingga Juni ini. Salah satu laporannya ialah pemberitahuan akses Mic di WhatsApp.

Android Developer baru saja membuat sebuah cuitan menarik, di mana menemukan bahwa ada sejumlah informasi untuk mengakses fitur privasi pengguna ponsel Android seperti misalnya Mic di platform WhatsApp.

Beberapa pengguna WhatsApp telah membuat laporan bahwa mereka menerima sejumlah akses dari Mic yang padahal saat itu tidak sedang mereka buka. Indikator ini tentunya membuat pengguna kebingungan karena mereka tidak membuka aplikasi tersebut sama sekali.

“Recent Android bug affecting a limited number of WhatsApp users produced erroneous privacy indicators and notifications in the Android Privacy Dashboard.” Tulis Android Developer di Twitter.

Mengenai hal ini, ada banyak pengguna yang sempat memberikan kemarahan dan kritikan mereka ke platform WhatsApp. Pihak WhatsApp sendiri angkat bicara dan mengatakan bahwa kesalahan ini bukan berasal dari platform mereka melainkan OS Android itu sendiri.

Google sendiri akhirnya memberikan konfirmasi dan hari ini secara resmi telah memberikan sebuah perbaikan terbaru dari WhatsApp, Google juga mengucapkan rasa terima kasih kepada WhatsApp atas kerja sama perusahaan untuk memperbaiki isu dengan komunikasi intens bersama Google.

Google confirms as much today and that the fix is updating WhatsApp to the latest version:

“We thank WhatsApp for their partnership and apologize for any confusion this bug may have caused users.”

So far, we’re light on technical details of this issue. The viral example last month took place on a Pixel, which was just updated to Android 13 QPR3 in the past week. That user-facing changelog makes no mention of this issue/fix. Another possibility is that the WhatsApp update features a fix and/or mitigation.

Leave a Comment