Home » Integrasi ChatBot AI akan Segera Hadir di Mozilla Firefox

Integrasi ChatBot AI akan Segera Hadir di Mozilla Firefox

by anaknongkrong
Mozilla Firefox

Perkembangan ChatBot atau AI kini semakin meningkatkan, perusahaan kenamaan Mozilla Firefox agaknya tidak tinggal diam. Kabar terbaru mengatakan bahwa Mozilla Firefox akan menghadirkan ChatBot AI mereka di layanan browser Firefox.

Dilansir dari The Information, Mozilla Firefox memiliki rencana matang terkait pengembangan teknologi yang akan mereka hadirkan. Perusahaan akan ikut ke dalam pengembangan teknologi AI yang mana hadir dalam bentuk ChatBot, AI yang sama seperti yang digunakan Google, Opera dan Microsoft melalui kerja sama OpenAI.

Meskipun secara personal perusahaan masih memiliki kontrak dengan Google yang membuat konsumen yakin bahwa Mozilla akan memilih ChatGPT. Tetapi hingga saat ini Mozilla masih bimbang untuk memilih menggunakan Bard dari Google atau ChatGPT dari Microsoft/OpenAI.

“Mozilla plans to prominently feature a chatbot like Google’s Bard or OpenAI’s ChatGPT in Firefox to give users a more conversational web-search experience, Chief Product Officer Steve Teixeira said in an interview with The Information.” Tulis The Information dalam wawancara eksklusif mereka dengan Mozilla.

ChatBot dengan basis AI kini semakin populer, ada banyak perusahaan yang akhirnya merilis AI mereka untuk pengembangan informasi yang lebih cepat dan akurat. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Opera baru saja meluncurkan Aria sebagai ChatBot yang mana menggunakan ChatGPT dari Microsoft/OpenAI.

Mengenai Mozilla, kabarnya kontrak dari Mozilla dan Google akan berakhir dalam waktu dekat. Microsoft bahkan rumornya sedang mencoba untuk mendekati Mozilla dan bernegosiasi untuk menjadikan Bing sebagai Search Engine Default mereka, namun akankah menemukan jalan terbaik?

Jika Mozilla akhirnya memperpanjang kontrak mereka dengan Google, maka dapat kami pastikan bahwa Mozilla akan menggunakan Bard sebagai ChatBot mereka. Tetapi, melihat bahwa Microsoft telah berinvestasi ke OpenAI dengan pengembangan ChatBot mereka maka sasaran pasar yang menguntungkan tentu jatuh ke Microsoft.

Kerja sama Google dan Mozilla memang berangsur cukup lama, yang mana Google meminta agar Google Search menjadi Search Engine utama di Mozilla Firefox. Keputusan Mozilla tentu berat, namun akan kita lihat ke depannya apakah Mozilla akan melepaskan Google.

Leave a Comment