Home » Meta Rilis Keamanan Baru di WhatsApp untuk iOS dan Android

Meta Rilis Keamanan Baru di WhatsApp untuk iOS dan Android

by anaknongkrong
WhatsApp

Meta kabarnya akan segera merilis pembaruan terbaru yang akan mereka rilis untuk pengguna WhatsApp, perilisan fitur baru ini akan dihadirkan untuk pengguna WhatsApp di Android dan juga iOS serta datang dengan perubahan antarmuka baru.

Pengembangan WhatsApp kini terus berlanjut, baru-baru ini informasi terbaru mengatakan bahwa WhatsApp akan menghadirkan salah satu perubahan besar mereka yang mana akan mengubah antarmuka dan menambahkan sistem keamanan terbaru di iOS dan Android.

Melansir dari WABetaInfo, WhatsApp akan memberikan peningkatan baru mereka dalam kurung waktu dekat ini, WhatApp mengatakan bahwa nantinya platform ini bisa mendeteksi adanya tindakan yang terdeteksi sebagai spam, hingga peningkatan untuk fitur keamanan yang lebih baik.

Perubahan terbaru dari antarmuka WhatsApp juga kini hadir di iOS, di mana versi terbarunya telah menampilkan perubahan untuk foto profil pengguna di tampilan antarmuka awalnya, berikut penampakannya:

Sedangkan untuk Android kemungkinan tidak akan hadir dengan antarmuka baru, namun beberapa fitur telah dipersiapkan seperti misalnya fitur Discover Channel yang akan memberikan akses informasi dari seseorang yang mereka ikuti. Perubahan antarmuka yang diberikan oleh WhatsApp hannyalah perubahan antarmuka emoji.

Mengenai fitur spam tadi, agaknya ini akan menjadi salah satu fitur yang mendapatkan Pro dan Kontra dari pengguna WhatsApp. Pasalnya meskipun WhatsApp akan memberikan peningkatan dalam privasi dan keamanan namun mereka agaknya melanggar hal ini.

Jika pesan tersebut dideteksi sebagai spam menggunakan filter khusus, maka setidaknya WhatsApp telah mengakses pesan tersebut. Sehingga mereka bisa menyeleksi apakah pesan ini akan diteruskan ke pesan atau diblokir, bukan begitu? Agaknya ini keliru, karena tentu saja WhatsApp harus membaca pesan tersebut.

Dengan WhatsApp memilih untuk membaca pesan tersebut, maka mereka telah melanggar ketentuan privasi yang mana perusahaan tidak boleh membaca pesan yang diterima oleh pengguna. Meskipun mereka menggunakan enkripsi E2EE, agaknya ini kurang terbuka.

Sampai saat ini, fitur spam dari WhatsApp belum mendapatkan penjelasan bagaimana fitur ini akan mampu bekerja dalam menyaring pesan spam tanpa perlu mengakses data tersebut. Semuanya masih dugaan, akan lebih baik jika WhatsApp fokus dan terbuka kepada pengguna mengenai fitur baru ini.

Leave a Comment