Home » Microsoft Rilis Clipchamp, Gantikan Windows 10 Video Editor

Microsoft Rilis Clipchamp, Gantikan Windows 10 Video Editor

by anaknongkrong
Video Editor

Bagi kamu yang telah lama menggunakan Windows 10 maka sudah mengetahui secara pasti bahwa OS yang satu ini telah dibekali dengan fitur Video Editor yang cukup mumpuni, meskipun hanya berisikan fitur umum namun setidaknya kita mendapatkan akses untuk memotong hingga menghapus durasi yang tidak diinginkan.

Fitur ini telah banyak digunakan oleh pengguna Windows 10, meskipun memang di Windows 11 fitur ini sudah tidak dihadirkan oleh Microsoft. Nah jika kamu telah memperbaharui ke versi terbaru Windows 10 dan mengakses Video Editor, kemungkinan besar kamu tidak akan menemukannya.

Hal ini karena Microsoft telah menghapus izin dari Video Editor untuk bekerja, kamu nantinya akan menemukan pesan yang bertuliskan bahwa Video Editor sudah tidak tersedia lagi di Photos App. Kamu akan menemukan sebuah Pop-up pesan yang bertulis;

Microsoft Video Editor is no longer available in the Photos app. Your previous video projects can be accessed by downloading the Photos Legacy app in Settings. For new videos, unleash your creativity with Clipchamp.” Berikut tampilannya:

Alasan lainnya mengenai mengapa Microsoft menghapus Video Editor dan mengantikkannya dengan Clipchamp salah satunya ialah meningkatkan layanan yang lebih modern, beberapa alasan lainnya juga dirilis oleh Microsoft seperti berikut ini”

  1. Microsoft has discontinued and replaced Windows 10’s Photos app with Windows 11’s modern Photos app.
  2. In 2021, Windows 11 shipped with a new Photos app (now called Photos Legacy), but a modern version of the Photos later replaced this.
  3. Photos Legacy and new/modern Photos apps do not support some Windows 10 Photos app features like the “Clarity” slider and Spot fix.
  4. Modern Photos app does not ship with the original/old video editor; instead, you must use Clipchamp. If you want to use the original editing functionality, download Photos Legacy.

Hadirnya Clipchamp akan menjadi Video Editor terbaru di Windows 10 dan kemungkinan juga akan dirilis di Windows 11. Versi terbaru ini akan dirilis melalui Photos Apps yang akan diluncurkan untuk semua pengguna Windows 10 dan 11, namun saat ini masih diuji coba di Insider Program.

Leave a Comment