Home » Privasi di Edge Berkurang? Pengguna Mulai Kritik Bing

Privasi di Edge Berkurang? Pengguna Mulai Kritik Bing

by anaknongkrong
Microsoft Edge

Microsoft Edge menjadi layanan browser dari Microsoft yang dirilis untuk pengguna Windows, baru-baru ini mendapatkan kecaman dari penggunanya karena dianggap memberikan URL yang bersifat privasi melalui Bing. Berbagai macam kritikan dilayangkan melalui situs Reddit.

Pengguna Microsoft Edge mendapatkan sejumlah masalah yang dilayangkan oleh penggunanya melalui Reddit, di mana salah satunya memberikan URL ketika mengunjungi Bing. Beberapa pengguna Reddit menuliskan beberapa isu dari fitur privasi yang hadir di Edge sejak minggu terakhir.

Menurut beberapa pengguna, Bing memberikan Riwayat URL yang hadir di Bing ketika melakukan pencarian. Padahal menurut mereka hal ini akan menyebabkan isu privasi, di mana URL yang pernah mereka kunjungi seharusnya tidak perlu ditampilkan ketika menuliskan alamat URL terbaru.

Searching for references to this URL give very few results, no documentation on this feature at all.” Kata Hackkermchackface melalui Reddit.

Wawancara yang dilakukan oleh tim The Verge kepada salah satu Software Engineer memberikna penjelasan akan hal ini, menurutnya Microsoft sekarang memberikan akses mengikuti fitur kreator secara default. Pengguna juga mendapatkan akses untuk mengikuti beberapa URL dari YouTube, Reddit dan situs lainnya.

“Microsoft first started testing this new creator follow feature in Edge last year before rolling it out more broadly in recent months. It’s designed to let you follow your favorite content creators on YouTube and across the web. If you disable the feature, URLs are no longer sent to bingapis.com.”

Jadi, jawaban atas kritikan pengguna kini telah terjawab di mana URL yang direkomendasikan oleh Bing sendiri hanya berlaku di Bing API saja. Membiarkan kreator untuk dapat mengikuti beberapa URL yang pernah mereka kunjungi sebelumnya.

“Until Microsoft completes its investigation and presumably patches this problem, we’d highly recommend turning off the ‘follow creators’ feature in Microsoft Edge. Chances are you never knew it existed and will never use it, so it’s not a function you’re likely to miss.”

Sementara itu, Microsoft juga memberikan akses kepada penggunanya untuk dapat mengatur pengaturan ini jika pengguna tidak menyukainya yaitu dengan mengunjungi Settings, Privacy, Search & Service, cari Services. Ubah Toggle menjadi Off dari Show Suggestions to Follow Creators in Microsoft Edge.

Leave a Comment