Home » YouTube Music Rilis ‘Redesign’ Miniplayer Design di Android

YouTube Music Rilis ‘Redesign’ Miniplayer Design di Android

by anaknongkrong
Youtube Music

Perubahan Miniplayer Design di YouTube Music sebelumnya pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2023 kemarin. Akhir bulan Juni ini YouTube Music mengumumkan bahwa mereka akan mulai merilis perubahan desain baru ini untuk semua penggunanya di Android.

Bagi pengguna YouTube Music mungkin sudah sering banget nih melihat antarmuka dari Miniplayer yang akan muncul pada bagian bawah ketika pengguna sedang mencari lagu lain dan sedang memainkan lagu saat itu.

Perlu diketahui bahwa YouTube Music akan memberikan perubahan desain terbaru mereka yang pertama kali akan didapatkan di Android.

Old vs New

Perubahan yang dihadirkan cukup terlihat, sebelah kiri adalah tampilan awal yang mana terdapat Cover, Singer dan Player Icon. Sedangkan perubahan baru di sebelah kanan menunjukkan sedikit perubahan yang mana menghapus fitur Next Song dan posisi Player Icon pindah ke sebelah kanan, posisi sebelumnya telah diisu oleh Cast.

Ada beberapa tanggapan dari konsumen YouTube Music, beberapa diantaranya mengatakan bahwa fitur ini tidak begitu menarik dan bahkan jarang sekali digunakan. Shortcut ini mengingatkan konsumen ketika mereka tidak terhubung ke dalam jaringan seluler atau Wi-Fi ketika mendengarkan lagu.

Lantas bagaimana untuk lanjut ke lagu berikutnya dengan lebih cepat? YouTube memberikan perubahan dengan menggunakan gerakan khusus, kamu hanya perlu mengusap ke kiri atau ke kanan untuk pindah ke lagu berikutnya. Namun tetap saja, keberadaan ikon Next Song nampaknya telah mendarah daring bukan?

“Given the addition of swipe gestures, you can no longer swipe down on the miniplayer to clear your YouTube Music queue. This was presumably done to not interfere with left/right interactions. So far, the only way we’ve found is to individually remove each song from Up Next. This is highly annoying and might not be feasible if it’s very long. (Tip: Starting a song from search results in a single-item queue). “

Sementara itu, untuk saat ini Miniplayer Design dengan perubahan baru ini baru bisa digunakan oleh mereka pengguna YouTube Music di Android dan tablet. Sedangkan untuk pengguna iOS belum mendapatkannya.

Leave a Comment