Home » Mengenal cPanel di Hosting

Mengenal cPanel di Hosting

by anaknongkrong
mengenal cpanel

Mengenal cPanel –  Disaat memilih hosting untuk website kalian, pasti salah satu fitur yang diberikan oleh para penyedia hosting adalah fitur cPanel. Bagi orang yang masih awam dengan hosting, pasti akan bertanya-tanya apa sih cPanel itu ? Kenapa disetiap perusahaan penyedia hosting selalu menampilkan kata cPanel?

cPanel adalah salah satu kunci penting dalam sebuah webhosting. Dengan adanya cPanel, pengelolaan hosting akan lebih mudah dan maksimal karena cPanel adalah salah satu control panel paling ampuh untuk mengatasi sebuah hosting dan website dari sekian banyaknya control panel yang ada sekarang ini. Bagi kamu yang masih baru dalam dunia webhosting, maka sudah sewajarnya kamu mengenal cPanel terlebih dahulu.

Di artikel kali ini, saya akan berbagi cerita untuk kamu mengenal cPanel berserta fungsi dan cara kerjanya untuk kamu terjuan ke dunia webhosting/website. Jangan lupa siapin kopi panasmu sebelum kamu membaca lebih lanjut cerita kali ini.

Mengenal cPanel

Mengenal cPanel

cPanel adalah sebuah aplikasi website terproteksi yang menghubungkan pengguna dengan program-program pendukung website didalam sebuah webhosting atau webserver. Jadi intinya cPanel adalah sebuah control panel webhosting berbasis linux yang saat ini paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia hosting. Kenapa disebut terproteksi, karena untuk masuk kedalam cPanel pengguna harus memasukkan username dan password terlebih dahulu.

Karena berbasis web base, kamu bisa dengan mudah mengakses cPanel melalui browser seperti google chrome, mozilla firefox, Microsoft edge dan yang lainnya. cPanel biasanya digunakan untuk pengaturan dan konfigurasi pada web hosting. Tanpa adanya control panel, maka kamu harus melakukan pengaturan web hosting dengan perintah teks dan pastinya akan bikin repot.

Nah, cPanel biasanya diinstall di Dedicated Server ataupun Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi linux. Adapun aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel adalah Apache, MySQL, PHP, Perl, Phyton Postgres, BIND dan aplikasi email seperti IMAP, POP3 dan layanan-layanan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol).

Fungsi cPanel

Singkatnya, fungsi dari cPanel adalah memudahkan pengguna untuk mengelola webhostingnya karena cPanel merupakan penghubung antara pengguna dengan program-program pendukung website di webhosting atau web server. Berikut ini fungsi-fungsi cPanel :

1. Memudahkan pengaturan dan Manajemen email

Dengan cPanel, kamu bisa mengelola emailmu sendiri seperti membuat email baru, menghapus, mengedit, membuat email forwarder, mengirim dan membalas email. Biasanya sih, jumlah email dengan nama domain kamu disediakan penyedia hosting terbatas sesuai dengan paket hosting yang kamu ambil. Tidak cuma berapa jumlahnya, bahkan sampai detail berapa pengiriman email perhari dan kapasitasnya pun dibatasi.

2. Memudahkan Pengelolaan File Website

kamu bisa melakukan pengelolaan file di cPanel seperti layaknya file explorer di komputer kamu, seperti menghapus, mengedit dan menyalinnya. Tidak cuma itu aja, cPanel juga menyediakan pengaturan FTP yang memungkinkan anda untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus masuk ke cPanel terlebih dahulu.

3. Memudahkan Konfigurasi Keamanan

di cPanel, kamu bisa melakukan settingan keamanan direktori atau file di hostingmu yaitu dengan memakai fitur Password Protect Directories.

4. Memudahkan Pengelolaan Database

cPanel menyediakan fitur MySQL dan phpMyAdmin sehingga penggunanya dapat mengelola databasenya seperti menambah dan memodifikasi database. Selain itu kamu juga bisa menambah dan menghapus nama ataupun user database MySQL.

Sama dengan fitur pengelolaan email, untuk jumlah database pun terbatas di setiap paket hosting, sehingga kamu harus cermat dalam pembuatan database ataupun aplikasi kamu seperti apa nantinya.

5. Memudahkan Pengelolaan Domain

di cPanel, kamu bisa mengelola domain dan subdomain kamu seperti menambah dan menghapus subdomain kamu.

6. Memudahkan Konfigurasi Modul PHP

Supaya websitemu berjalan dengan baik, kamu juga harus menyesuaikan versi PHP yang akan digunakan beserta modul-modul pendukungnya.di cPanel, kamu bisa memilih versi yang akan digunakan bahkan bisa intsall PHP Extension secara terpisah.

7. Menginstall Instan Script Website/CMS.

Membuat website akan terasa lebih mudah dengan menggunakan CMS. Cukup dengan menginstall CMS di cPanel seperti Wordpress, Joomla dan lain-lain.

8. Memudahkan Proses Backup dan Restore Website

Dengan cPanel, kamu bisa dengan mudahnya backup dan restore seluruh file dan database yang ada di hosting kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau ingin berpindah perusahaan hosting, karena dengan cPanel data kamu bisa dimigrasi juga dengan cepat.

9. Melihat Statistik Pengunjung Website

Kamu bisa melihat statistik pengunjung websitemu di cPanel dengan mengklik AWstats pada bagian logs. Di cPanel kamu bisa melihat beberapa data statistik seperti statistik pengunjung, statistik negara pengunjung, statistik sistem operasi dan browser yang digunakan pengunjung.

10. Melihat Spesifikasi Server

Dengan cPanel, kamu bisa melihat spesifikasi server dari hosting yang kamu gunakan. Sehingga kamu bisa memastikan apakah spesifikasi server yang ditawarkan oleh penyedia hosting sama dengan apa yang kamu dapat sekarang.

Okelah kalau gitu, itu adalah sedikit cerita mengenai cPanel supaya kamu bisa mengenal cPanel dan apa saja yang bisa kamu lakukan dengan cPanel di hosting kamu nantinya. Jadi lebih bijak dalam memilih hosting, jangan sampai terjebak iming-iming harga murah tapi ternyata tidak berkualitas dan tanpa control panel yang mumpuni didalamnya.

1 comment

Mengenal phpMyAdmin di cPanel - Konggres 14 March , 2021 - 8:29 pm

[…] phpMyAdmin – Di cerita mengenal cPanel, saya menyebutkan sebuah fitur untuk pengelolaan database yaitu MySQL dan phpMyAdmin. Nah, kali ini […]

Reply

Leave a Comment